Pages

Sunday, December 30, 2012

Membuat Form Mahasiswa

Pada pelajaran kali ini, kita akan membuat desain form menggunakan Visual Basic 2010 Express. Visual Basic dirancang untuk memudahkan kita dalam membuat form. Bagi anda yang belum paham dengan tampilan dari Visual Basic.NET, bisa anda simak disini.

Membuat Form Data Mahasiswa






Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat form.

1. Buka Microsoft Visual Basic 2010 Express yang telah anda download sebelumnya.

2. Pilih New Project dan pilih menu Windows Form Application.


3. Pada bagian Name, silakan anda isi nama file. Setelah itu klik Ok.

4. Kemudian muncul interface utama dari Visual Basic 2010 Express.


5. Klik ToolBox yang berada di pojok kiri atau anda bisa mengklik melalui View>ToolBox. Kemudian tambahkan Label.



 6. Setelah memilih Label, aturlah posisinya seperti gambar dibawah ini. Ini hanya sebagai contoh, anda dapat mengatur posisi sesuai dengan desain yang anda buat sendiri.


7. Setelah itu, pada ToolBox pilih TextBox. Pada pelajaran kali ini kita membutuhkan 4 buah TextBox dan 3 buah Button. Aturlah seperti pada contoh dibawah ini.


8. Setelah membuat desain form, selanjutnya kita akan menentukan Properties-nya. Properties Window bisa anda lihat pada sebelah kanan bawah. Tujuannya agar kita dapat menentukan nama/label dalam tampilan form yang akan kita buat ini, selain itu juga bertujuan untuk memudahkan kita dalam proses coding nanti.


 9. Cara untuk memberikan Nilai Properties yaitu dengan cara mengklik salah satu tools, contohnya klik Label1, maka pada Properties Window akan muncul atribut-atributnya.





10. Ubahlah Properties menjadi seperti contoh. Untuk (Name) bisa anda isi sesuka anda, tetapi anda harus mengingatnya karena sangat berguna dalam proses coding.



11. Hasilnya akan seperti contoh dibawah ini.


12. Kemudian kita akan memulai proses coding. Pada proses ini, seorang programmer harus teliti dalam menulis sebuah kode. Karena walau hanya salah dalam penulisan, maka sebuah program tidak akan mau berjalan. Tetapi tenang saja, pada pembelajaran kali ini kita akan belajar dasar-dasar coding pada Visual Basic.NET ini.

Untuk memulainya, klik 2 kali pada Button LIST. Kemudian jendela coding akan terbuka. Lihat gambar dibawah ini.


13. Setelah jendela coding muncul, kemudian ketikkan kode seperti contoh dibawah ini. Ingat! Ini hanya contoh saja, anda bisa merubahnya sesuka hati anda.

Me.txtNama.Text = "Bedul"
Me.txtNim.Text = "001"
Me.txtJurusan.Text = "Sistem Informasi"
Me.txtAlamat.Text = "Jakarta"

Kode diatas memiliki arti, yaitu anda akan melakukan perintah (me.) yang berada di textbox (txtNama) dan menggunakan tipe Text. Selanjutnya adalah tipe string yang menunjukkan isi dari data yang akan ditampilkan.

14. Kemudian klik 2 kali pada button CLEAR, dan kemudian masukkan kode seperti dibawah ini.

Me.txtNama.Clear()
Me.txtNim.Clear()
Me.txtJurusan.Clear()
Me.txtAlamat.Clear()


Kode diatas memiliki arti, yaitu melakukan perintah pada textbox untuk menghapus (Clear).

15. Klik 2 kali juga pada button EXIT.

Me.Close()

Kode diatas memiliki arti, yaitu melakukan perintah (me.) menutup(close).

16. Setelah itu klik tombol Start Debugging atau tekan F5. Maka hasilnya akan seperti dibawah ini ketika menekan tombol LIST.


Demikianlah pelajaran kita kali ini, cukup mudah kan??? Ilmu dasar-dasar coding akan terus saya berikan, sekarang tergantung anda untuk bisa mengembangkan form sesuai dengan kebutuhan anda.

Sampai jumpa pada pelajaran berikutnya..... ^^

No comments:

Post a Comment